Cara Mencegah Penyakit Sifilis

D:\SISKA'S PROJECT\240_F_69436524_LhsTNhClzm2DeOM9XsrTZXdcKCoJ3zkF.jpg

stock.adobe.com

Sifilis menyebar dari kontak seksual dengan seseorang yang memiliki sifilis. Sifilis menyebar selama hubungan seks vaginal, anal, atau oral. Jadi cara terbaik untuk mencegah penyakit sifilis dan penyakit menular seksual lainnya adalah dengan tidak melakukan hubungan seks vaginal, anal, atau oral sama sekali. Tetapi sebagian besar orang melakukan hubungan seks di beberapa titik dalam kehidupan mereka, sehingga mengetahui bagaimana cara berhubungan seks yang aman itu adalah penting. Menggunakan perlindungan saat Anda berhubungan seks benar-benar membantu menurunkan peluang Anda terkena PMS (penyakit menular seksual). Pengecekan untuk PMS (penyakit menular seksual) secara teratur adalah cara penting lain untuk menjaga kesehatan Anda.

Berikut ini dalah cara mencegah penyakit sifilis :

  • Orang dengan sifilis harus menahan diri dari kontak seksual selama setidaknya 1 minggu setelah menyelesaikan perawatan atau sampai lesi sifilis awal (jika ada) sembuh sepenuhnya.
  • orang dengan sifilis juga harus menahan diri dari kontak seksual sampai pasangan seksual dihubungi, diuji, jika diindikasikan diobati.
  • tes darah lanjutan harus dilakukan untuk memastikan bahwa perawatan telah membersihkan infeksi.
  • wanita hamil yang terkean sifilis pada awal kehamilan dan lagi pada akhir kehamilan mereka berisiko lebih tinggi tertular sifilis.
  • tes untuk mengecualikan infeksi menular seksual lainnya disarankan.

Pastikan anda tidak memberikan atau menyebarkan penyakit sifilis kepada siapapun.

Jika Anda mengetahui bahwa Anda menderita sifilis, jangan panik. Sifilis mudah disembuhkan, dan ada beberapa cara untuk memastikan Anda tidak memberikannya kepada orang lain, yaitu dengan cara:

  • Beri tahu pasangan seksual Anda di masa lalu dan sekarang bahwa Anda menderita sifilis, sehingga mereka bisa dites dan diobati juga.
  • Jangan berhubungan seks dengan siapa pun sampai Anda benar-benar menyelesaikan perawatan dan luka sifilis Anda sepenuhnya sembuh.
  • Pasangan seks Anda juga harus diberi penegertian sebelum mereka berhubungan seks dengan siapa pun lagi, termasuk Anda.
  • Setelah Anda selesai perawatan dan mulai berhubungan seks lagi, gunakan kondom setiap kali berhubungan seks.

Memberitahu seseorang bahwa Anda memiliki PMS (penyakit menular seksual) bukanlah ide siapa pun yang menyenangkan. Tetapi sifilis benar-benar, sangat umum dan mudah disembuhkan, jadi usahakan jangan terlalu malu atau stres karena terkena penyakit sifilis. 

Mencegah penyakit sifilis bawaan

Pencegahan dan deteksi sifilis kongenital yang efektif tergantung pada identifikasi sifilis pada wanita hamil dan, oleh karena itu, pada skrining serologis rutin wanita hamil selama kunjungan prenatal pertama. Pengujian tambahan pada usia kehamilan 28 minggu dan sekali lagi saat persalinan diperlukan untuk wanita yang berisiko tinggi atau tinggal di komunitas dengan peningkatan prevalensi infeksi sifilis (442.450). Selain itu, sebagai bagian dari manajemen wanita hamil yang menderita sifilis, informasi mengenai perilaku berisiko berkelanjutan dan pengobatan pasangan seks harus diperoleh untuk menilai risiko infeksi ulang. Penapisan rutin serum bayi baru lahir atau darah tali pusat tidak dianjurkan, karena diagnosis saat ini tidak mencegah sifilis kongenital simptomatik pada beberapa bayi baru lahir. Tidak ada ibu atau bayi yang baru lahir yang boleh meninggalkan rumah sakit tanpa status serologis ibu yang telah didokumentasikan, setidaknya satu kali selama kehamilan.

Komplikasi yang terjadi jika sifilis tidak diobati apa 

Selama tahap tersier sifilis, lesi kecil, seperti karet dapat timbul pada tulang, kulit, jaringan sistem saraf, dan / atau arteri jantung atau otak. Karena lesi ini dan komplikasi kesehatan lainnya, individu-individu ini rentan terhadap serangan jantung, kelumpuhan, kebutaan, stroke, mati rasa, dan demensia. Sifilis tersier mematikan. Sementara antibiotik dapat menyembuhkan infeksi sifilis bahkan selama tahap akhir ini, mereka tidak dapat membalikkan kerusakan permanen yang terjadi pada tubuh dengan komplikasi terkait sifilis.

Sumber: 

www.plannedparenthood.org

www.sahealth.sa.gov.au

www.stdcheck.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*