Atasi Penyimpanan Hampir Penuh Untuk Update MIUI dan Instal Aplikasi

Mungkin ada diantara Anda yang pernah merasa jengkel setiap kali ingin memasang aplikasi atau melakukan update sistem terhalang oleh peringatan “penyimpanan hampir penuh”. Bisa dikatakan ini adalah masalah yang paling sering terjadi pada smartphone produksi beberapa tahun lalu atau ponsel di varian terendah (2/16). Bagaimana mengatasinya?

Solusi Penyimpanan Hampir Penuh pada Smartphone

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan penyimpanan internal cepat penuh, dan yang paling umum yaitu data cache alias data buangan yang tak terhapus dengan benar. Berikut ini tutorialxiaomi bagikan beberapa hal yang bisa coba Anda lakukan diantaranya; 

Hapus Cache dari Setelan

Cache merupakan data yang disimpan aplikasi agar bisa ditampilkan lebih cepat tanpa harus menulis ulang setiap kali Anda menggunakan aplikasi tersebut. Tapi bagaimana jika Anda jarang sekali membuka aplikasi tersebut? Misalnya aplikasi belanja online yang hanya Anda buka sebulan sekali setiap baru gajian? Kenapa harus selalu menyimpan cache-nya?

Ingat untuk selalu mencadangkan setiap data penting sebelum memulai acara bersih-bersih. Menghapus cache bisa Anda lakukan pada masing-masing aplikasi dari setting. Namun cara yang lebih praktis untuk menyegarkan seluruh simpanan cache adalah dari Settings (Pengaturan) – Storage (Penyimpanan) -Cached (Data Dalam Cache)- Hapus.  

Menggunakan Aplikasi Pembersih Bawaan

Anda bisa memanfaatkan aplikasi keamanan bawaan MIUI dengan mengakses Security (Keamanan) – Cleaner (Pembersih) untuk mengetahui daftar item yang tidak perlu dan bsia dibersihkan dalam sekali klik saja. Cara ini cukup efektif untuk membersihkan cache dan file sisa atau sampah.

Kurangi Jumlah Aplikasi

Semakin banyak aplikasi yang dipasang akan memerlukan ruangnya sendiri untuk menyimpan data dan cachenya. Maka dari itu, sebaiknya batasi jumlah aplikasi terpasang jika penyimpanan internal mulai mepet. Anda bisa mencopot aplikasi yang sudah tidak dipakai, menggunakan aplikasi multifungsi. Anda bisa mengakses opsi di Security (Keamanan) – Cleaner (Pembersih) – Deep Clean untuk lebih mudah melakukannya.

Manfaatkan Penyimpanan Cloud

Untuk menghemat penyimpanan internal, Anda juga bisa mencadangkan to dan video ke akun penyimpanan online yang sudah ada. Manfaatkan akun Google atau akun Mi yang Anda gunakan pada ponsel untuk encadangkan file probadi tersebut. Pada aplikasi Galeri Xiaomi, Anda bisa mempelajari caranya.

Gunakan Kartu Micro SD

Jika Anda tidak menggunakan fitur DualSIM, tak ada salahnya menggunakan slot lain tersebut untuk Micro SD untuk simpanan default dari kamera dan aplikasi lain yang memungkinkan. Anda juga bisa memindahkan file ke flashdisk melalui koneksi OTG atau bahkan ke harddisk eksternal menggunakan Y-OTG.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah penyimpanan. Jika smartphone sudah tidak lagi mampu mengimbangi kebutuhan Anda, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan membeli ponsel baru.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*