8 Cara Cerdas Mengatasi Jet Lag Setelah Bepergian

Image result for jet lag kesehatan

Sebagai pelatih kepemimpinan dan konsultan bisnis, saya sering bepergian untuk bekerja. Saya sepertinya selalu berada di pesawat, di bandara, di kota atau negara baru – dan saya sering mendapati diri saya menderita jet lag.

Bagi siapa saja yang bepergian lintas negara atau internasional, gejalanya terlalu akrab. Jet lag tidak hanya memengaruhi fisik Anda, tetapi juga kondisi mental Anda. Dan apakah Anda bepergian untuk bersenang-senang atau bisnis, Anda tidak ingin lumpuh saat tubuh Anda mengejar ketinggalan.

Tidak mungkin untuk menghilangkan jet lag sama sekali, tetapi Anda dapat secara signifikan mengurangi efeknya. Berikut adalah beberapa strategi pintar sederhana:

1. Pahami apa itu jet lag. Jet lag memengaruhi jam tubuh internal yang membuat Anda selaras dengan pola siang dan malam, timer internal yang memungkinkan Anda mengetahui saatnya makan atau tidur. Ketika jam itu terganggu oleh perubahan tiba-tiba, butuh waktu untuk menyesuaikan. Menghasilkan waktu yang tidak selaras tidak hanya mempengaruhi siklus tidur Anda, tetapi juga segala sesuatu mulai dari suasana hati Anda hingga tekanan darah Anda.

2. Lakukan penyesuaian sebelum Anda pergi. Jika keadaan Anda memungkinkan, mulailah menyesuaikan jam batin Anda secara bertahap sebelum Anda bepergian. Tergantung pada apakah Anda akan ke zona waktu yang lebih awal atau lebih lambat, mulailah tidur dan makan lebih awal atau lebih lambat sekitar seminggu sebelum Anda pergi. Jika Anda melakukan lompatan beberapa jam, mulailah lebih awal dan fase perubahan secara bertahap dalam kenaikan satu jam.

3. Ubah zona waktu Anda di pesawat. Setel ulang elektronik Anda ke waktu tujuan Anda segera setelah Anda naik pesawat. Ini akan membantu pikiran Anda mulai beralih. Cobalah jadwalkan tidur Anda di pesawat agar sesuai dengan waktu baru – tetapi jangan memaksakannya. Jika Anda tidak bisa tidur, tutup saja mata Anda dan rileks sejenak. Setiap sedikit membantu.

4. Rencanakan kedatangan awal. Jika Anda bepergian ke pertemuan penting dan Anda harus berada di atas permainan Anda, cobalah untuk menjadwalkan perjalanan Anda sehingga Anda tiba satu atau dua hari sebelumnya. Ini juga dapat memberi Anda waktu untuk mempersiapkan atau membenamkan diri di tempat baru.

5. Perhatikan apa yang Anda minum. Udara kabin pesawat sangat kering, jadi minum banyak air sebelum, selama, dan setelah penerbangan Anda untuk mengatasi dehidrasi. Hindari alkohol atau kafein – yang keduanya dapat mengganggu pola tidur – saat Anda bepergian dan mungkin bahkan hari pertama setelah Anda tiba. Cobalah mengatur waktu asupan Anda sehingga Anda tidak bangun untuk menggunakan kamar mandi, yang bisa membuat sulit untuk kembali tidur ketika Anda menyesuaikan diri dengan jadwal baru.

6. Bergeraklah. Ketika Anda berada di pesawat, pastikan untuk bangkit dan berjalan secara berkala, lakukan beberapa peregangan, dan tekuk otot Anda. Tetapi setelah Anda mendarat, hindari olahraga berat kapan saja di dekat waktu tidur untuk menghindari penundaan tidur Anda. Alih-alih, jalan-jalan santai yang panjang yang dapat menyebabkan Anda merasa lelah daripada berenergi. Bonus: Berada di luar akan membantu Anda menyesuaikan diri dengan zona waktu baru.

7. Atur cahaya. Anda dapat beralih ke waktu baru dengan lebih cepat jika Anda menyesuaikan dan mengatur pencahayaan Anda, apakah itu buatan atau alami. Cahaya adalah isyarat lingkungan utama yang memberi tahu jam internal Anda kapan harus tidur dan kapan harus bangun. Jika Anda berada di dalam ruangan, mulailah meredupkan lampu saat matahari terbenam dan buat mereka paling terang di pagi hari.

8. Makan dengan baik. Makanlah dengan cara yang tidak akan mengganggu tidur Anda. Itu berarti no. 10 malam Pizza. Makanlah beberapa jam sebelum Anda berencana tidur, dan hindari makanan apa pun yang menyebabkan Anda mengalami gangguan pencernaan. Jika Anda merasa lapar, camilan pada makanan yang (menurut pengalaman Anda) akan membantu menumbuhkan tidur – mungkin makanan susu dan karbohidrat. Beberapa selebaran sering bersumpah dengan diet jet lag khusus seperti makan diet berat selama beberapa hari sebelum bepergian dan berpuasa pada hari penerbangan. Pendekatan itu tidak pernah berhasil untuk saya, tetapi saya bisa mengatakan perbedaan yang pasti dalam jet lag saya tergantung pada bagaimana saya makan.

sumber :

https://www.inc.com

sumber gambar

https://www.merdeka.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*